5 Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu Dengan Mudah

Perlu Anda tahu bahwasannya madu ini mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Manfaat bagi kesehatan ini menjadikan madu banyak sekali dijual di pasaran dengan bebas. Madu bisa kita dapatkan dengan mudah misalnya di berbagai apotik, toko jamu, mini market, maupun di pasar. Namun sayangnya, madu yang banyak dijual bebas di pasaran tersebut tidak bisa dijamin akan keasliannya. Hal ini dikarenakan banyak orang yang belum tahu cara membedakan madu asli dan palsu.

Ada saja madu palsu yang beredar di pasaran. Ada banyaknya madu palsu ini menjadikan konsumen harus lebih waspada lagi di dalam memilih madu. Untuk itulah, pada kesempatan yang baik kali ini, kami akan mencoba berbagi informasi menarik tentang cara membedakan madu asli dengan palsu.

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Cara membedakan madu asli dan madu palsu

Menggunakan air

Madu tak mengandung air, maka Anda bisa mengetes madu itu asli atau tidak, bisa dengan menggunakan air. Madu yang asli nantinya tidak akan bercampur dengan air pada saat dituangkan ke dalam air. Madu yang asli ini akan langsung tenggelam ke dalam air. Nah, apabila madunya palsu, maka madu tersebut akan bercampur dengan air serta tidak kental.

Koreksi tingkat kelengketannya

Madu memang terbilang cukup lengket, akan tetapi ada sedikit perbedaan antara kelengketan madu yang asli dengan palsu. Pada saat madu ditaruh di ujung jari dan dibiarkan kurang lebih selama 2 menit, madu yang asli akan leleh secara perlahan, sedangkan madu yang palsu akan lengket serta menempel terus dijari.

Menggunakan kertas

Silakan Anda tuangkan saja madu di atas kertas, bila madu tersebut asli, maka bagia kertas yang telah ditetesi madu tidak akan berlubang. Berbeda halnya dengan kertas yang sudah ditetesi dengan madu palsu yang berlubang, sebab adanya pengaruh air yang ada pada madu palsu tersebut.

Tes menggunakan semut

Madu asli mempunyai aroma yang cukup kuat, serta tidak disukai oleh semut, walaupun rasanya manis akan tetapi semut tidak menyukainya. Berbeda halnya dengan madu palsu yang memiliki campuran gulanya tersebut justru akan mendatangkan semut-semut. Selain itu, madu palsu juga mengandung racun yang bisa sebabkan semut mati.

Pakailah pasir

Teteskan saja madu di atas pasir, bila madunya asli maka tetesan madu tersebut tidak akan menyebar. Sebab madu asli sifatnya padat dan mengikat. Berbeda halnya dengan madu plasu yang justru akan menyebar pada pasir sebab memiliki kandungan air yag banyak.

Demikian informasi tentang cara membedakan madu asli dengan palsu yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*