6 Cara Memasak Makanan Sehat Dengan Benar

Banyak sekali orang yang menanyakan bagaimana cara memasak makanan sehat dengan benar ??? Makanan merupakan salah satu faktor penting yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Makanan yang kita konsumsi tentu saja harus mengandung berbagai zat atau nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Apabila kita sering mengonsumsi makanan cepat saji atau makanan instan, tentu tubuh akan mudah terjangkit suatu penyakit atau masalah pencernaan.

Makanan cepat saji biasanya mengandung berbagai penyedap rasa atau bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh kita sehingga apabila terlalu sering dikonsumsi maka akan menyebabkan masalah pada tubuh. Lalu bagaimana cara menjaga tubuh agar tetap sehat dengan makanan yang kita konsumsi? Salah satu caranya adalah dengan menghindari makanan cepat saji atau makanan yang tidak sehat dan menggantinya dengan makanan yang sehat.

Beberapa contoh makanan sehat antara lain sayuran, buah-buahan, dan makanan yang dimasak secara benar. Cara memasak suatu makanan memang akan mempengaruhi kualitas daripada masakan itu sendiri baik dari segi rasa maupun dari segi kesehatannya.

Makanan yang sehat apabila tidak diolah dengan benar, maka kandungan nutrisinya dapat hilang dan justru dapat menjadi makanan yang tidak sehat untuk tubuh kita. Sebaliknya, apabila makanan sehat diolah secara benar dan baik, maka makanan tersebut akan menjadi sumber energi bagi tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan segar.

Berikut ini terdapat beberapa cara memasak makanan sehat dengan benar sehingga akan menghasilkan masakan yang baik untuk dikonsumsi oleh tubuh.

Beberapa Cara Memasak Makanan Sehat Dengan Benar

1. Hindari penggunaan minyak berlebih dalam masakan. Minyak memang akan membuat suatu masakan menjadi lebih enak karena ditumis. Namun ternyata minyak memiliki efek samping yang buruk terhadap kesehatan tubuh. Karena itu, batasi penggunaan minyak harian untuk masakan anda agar tubuh anda tetap sehat dan bugar. Kalau memungkinkan, gantilah penggunaan minyak dalam masakan dengan kaldu atau air. Misalnya pada saat ingin membuat tumis sayur, gunakan sedikit kaldu pada saat menumis bumbu sehingga rasa masakan akan memiliki aroma yang lebih enak.

2. Gantilah konsumsi daging merah dengan daging putih. Apa itu daging merah? Daging merah adalah daging yang berwarna kemerah-merahan karena mengandung zat yang bernama myoglobin yang tinggi. Beberapa contoh daging merah adalah daging sapi, kambing, domba, dan lainnya.

Sementara daging putih adalah daging yang berwarna keputihan karena kandungan myoglobin yang relatif lebih rendah. Beberapa contoh daging putih adalah daging ayam, kelinci, kambing muda, dan daging ikan. Mengapa kita harus mengganti daging merah dengan daging putih untuk dikonsumsi? Karena daging putih lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi daripada daging merah.

3. Gunakanlah air panas untuk membilas daging. Apabila kita ingin memasak daging, tentu kita akan mencuci daging tersebut terlebih dahulu. Namun kebanyakan dari kita menggunakan air dingin untuk membilas daging yang ingin dimasak.

Dengan memakai air panas, terdapat beberapa keuntungan, salah satunya adalah lemak yang menempel pada daging akan lebih mudah hilang daripada dibilas menggunakan air dingin.

4. Gantilah makanan kemasan yang anda konsumsi dengan makanan fresh. Makanan dalam kemasang memang praktis dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memasaknya. Namun ternyata makanan yang ada dalam kemasan biasanya mengandung pengawet dan zat yang berbahaya bagi tubuh.

Untuk itu, hindarilah mengonsumsi makanan dalam kemasan dan konsumsilah makanan yang fresh atau yang baru dimasak.

5. Kombinasikan makanan yang anda konsumsi. Anda bosan mengonsumsi sayur yang itu-itu saja? Cobalah untuk mengkombinasikannya dengan sayuran lain agar anda tidak bosan. Misalnya apabila ingin memasak kangkung atau bayam, anda bisa mengkombinasikannya dengan bahan lain seperti tempe atau yang lainnya. Dengan mengkombinasikan masakan, tentu anda menjadi tidak mudah bosan terhadap suatu makanan.

6. Jangan pernah memanaskan sayuran yang sudah dimasak. Kebanyakan dari kita tentu pernah mengonsumsi sayuran yang sudah dipanaskan atau dihangatkan. Mengonsumsi masakan dari sayur dalam keadaan hangat atau panas tentu lebih enak daripada dalam keadaan dingin. Namun sebaiknya jangan mengonsumsi makanan yang dipanaskan, terutama yang berbahan sayuran.

Mengapa demikian? Sayuran yang telah dimasak sebelumnya apabila dipanaskan kembali justru akan menjadi makanan yang kurang sehat. Selain kandungan nutrisinya yang hilang, beberapa sayuran seperti kangkung justru akan menjadi beracun apabila dipanaskan kembali. Untuk itu, konsumsilah makanan dari sayur yang masih fresh dan bukan dari hasil dipanaskan ulang agar tubuh anda menjadi lebih sehat.

Nah, itulah beberapa cara memasak makanan sehat dengan benar sehingga membuat tubuh menjadi sehat. Dengan cara memasak secara benar, tentu kandungan nutrisi yang ada dalam makanan tidak akan hilang dan tubuh anda akan mendapatkan manfaat dari nutrisi dalam makanan tersebut. Selain mengonsumsi makanan yang sehat, usahakan juga untuk menerapkan pola hidup sehat seperti dengan melakukan olahraga secara rutin, istirahat secara cukup, dan menghindari kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Demikian artikel kesehatan menegenai cara memasak makanan sehat yang benar yang bisa kami samapaikan, semoga bermanfaat

Save

Save

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*