Cara Mengobati Masuk Angin Dengan Bahan Alami

Cara Mengobati Masuk Angin Dengan Bahan Alami – Masuk angin tekadang mempunyai gejala yang persis dengan penyakit influenza. Meski demikian, dalam dunia medis tidak ada yang namanya penyakit masuk angin. Biasanya gejala yang ditimbulkan adalah perut kembung dan akan terasa mual, disertai rasa meriang atau mengigil, kemudian beberapa bagian tubuh juga nyeri pada area sendi. Sakit tersebut sama halnya dengan sejenis penyakit  flu atau batuk yang sangat menyiksa dan tidak mengenakkan badan.

Sebenarnya cara mengobati masuk angin terbilang gampang. Hal tersebut karena banyak faktor yang menyebabkan, sehingga dapat diketahui cara menanggulangi. Penyebab masuk angin seperti pengaruh cuaca, kondisi tubuh tidak stabil, virus yang menyebar, keluar malam dan sebagainya. Untuk itu, anda segera mengatasinya sebelum berlangsung lebih lama dan aktivitas menjadi terganggu. Berikut ada beberapa bahan alami untuk mengobati masuk angin.

cara mengobati masuk angin

Cara Mengobati Masuk Angin Dengan Bahan Alami

 

1. Bawang Putih

Bawang putih berkhasiat dalam menanggulangi masuk angin. Sup bawang biasanya dapat menjadi alternative sebagai pengobatan masuk angin. Zat allicin  yang terkandung di dalam bawang putih cukup tinggi, dan zat tersebut mempunyai fungsi sebagai antibiotik alami sebagai penghambat pertumbuhan virus serta bakteri pada tubuh. Anda dapat mengonsumsi bawang putih sebaiknya degan menggerusnya, memberi sedikit garam, lalu memakannya mentah-mentah.

 

2. Teh Lemon dan Madu

Teh memiliki kandungan anti oksidan yang cukup tinggi, yang bermanfaat tubuh untuk tetap rileks dan berkhasiat membunuh zat-zat dan bakteri asing. Sedangkan pada lemon memiliki kandungan vitamin C yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Apabila anda   mengalami masuk angin dan merasakan tanda-tanda akan terserang masuk angin, sebaiknya buatlah ramuan alami teh lemon dan tambahkan madu. Minumlah menjelang tidur supaya lebih efektif dan maksimal.

 

3. Jahe Merah

Cara pengobatan dengan jahe merah adalah dengan mengupas jahe merah yang sebelumnya dicuci bersih. Kemudian rajang halus gula merah. Setelahnya rebus semua bahan yang telah disiapkan ke dalam air bersih dan biarkan hingga mendidih. Saring rebusan tersebut dan ambil airnya lalu minumlah. Penambahan gula merah berfungsi untuk mengurangi rasa pahit dan panas yang berlebihan pada jahe merah. Terapkan sebanyak 2 kali sehari dalam sehari agar lekas sembuh.

 

4. Daun Pepaya

Obat ini sangat manjur dalam mengatasi masuk angin, karena antibiotik alami dalam daun pepaya setinggi bawang putih dan bisa dengan cepat dan mudah mengatasi penyakit masuk angin. Caranya yaitu cucilah dahulu 4 – 5 lembar daun pepaya, lalu direbus kurang lebih 1 liter air. Tunggu hingga mendidih, dengan air yang tertinggal hanya setengahnya, setelah itu, barulah diminum dari air rebusan tersebut.

 

5. Vitamin C

Mengonsumsi vitamin C yang berkhasiat dalam peningkatan daya tahan tubuh. Untuk itu, segeralah konsumsi banyak vitamin C. Anda dapat menemukan makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk dan cabai.  Vitamin C alami  jauh lebih baik dibandingkan jenis buatan yang bisa didapatkan di apotek.  Anda juga dapat minum-minuman yang dijual secara botolan sebagai  penambah vitamin C.

 

Demikian beberapa cara mengobati masuk angin yang mudah anda lakukan. Dengan meminum berbagai cara obat alami diatas, maka rasa nyeri badan, sakit kepala dan mual ataupun batuk akibat masuk angin akan segera menghilang. Semoga anda lekas sembuh.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*